Thursday, September 8, 2011

SAGU KEJU PANDAN


Menjelang Lebaran kemarin akhirnya saya bisa mengalahkan rasa malas membuat kuker. Kayaknya kok gak afdhol ya Lebaran tanpa kuker, terutama buat orang Indonesia, hehehee...
Karena Tahun ini saya memutuskan untuk tidak menerima pesanan kuker seperti tahun sebelumnya, jadi punya waktu di sela-sela membuat pesanan cake dan klappertaart untuk membuat kuker untuk di rumah sendiri.Tahun kemarin saya sibuk membuat sekitar 200 toples pesanan kuker sampai-sampai untuk di rumah sendiri toplesnya kosong melompong. Tapi memang gak ada tamu juga sih, hihihiiii...

Kue sagu keju pandan ini salah satu kuker yang saya buat. Suka deh makan kuker sagu keju, kuenya ringan, makannya gak berasa, rasanya manis asin gurih. Selain tepungnya disangrai dengan daun pandan, adonannya dikasih pasta pandan juga. Jadi harum pandan dan ijo royo-royo, heheheee... *pandan lover mode ON
Klo mau yg original tinggal diskip aja pasta pandannya :)

Klo tahun kemarin saya membuatnya memakai resep NCC, sekarang saya membuatnya pake resep hasil utak atik sendiri, terinspirasi dari resep detikfood tapi saya modifikasi sesuai selera. Kejunya juga saya tambah biar lebih terasa :)

SAGU KEJU PANDAN
by Ricke Indriani

Bahan:
225 gram butter+margarin
150 gram gula halus
3 kuning telur
1,5 sdt pasta pandan
100 gram keju tua (edam/parmesan/gouda), haluskan
75 gram keju cheddar, parut dan angin-anginkan hingga agak kering
300 gram tepung sagu tani
2 lembar daun pandan
50 gram maizena
50 gram terigu protein sedang
2 sdm susu bubuk full cream
Cherry merah untuk hiasan, potong-potong kecil (optional)

Cara membuat:
1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan sambil diaduk-aduk hingga daun pandan layu dan agak mengering, tepung terasa lebih ringan. Dinginkan.
2. Campur dan ayak tepung sagu yang telah disangrai, maizena, terigu dan susu bubuk. Sisihkan.
3. Kocok butter+margarin dan gula halus hingga lembut. Masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok rata. Masukkan pasta pandan. Kocok rata.
4. Masukkan keju, aduk rata dengan spatula.
5. Masukkan campuran tepung. Aduk rata dengan spatula.
6. Masukan adonan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit. Semprotkan ke loyang yang telah disemir margarin tipis. Bentuk sesuai selera. Beri jarak satu sama lain. Beri potongan cherry merah.
7. Panggang di oven suhu 130-140'C hingga matang dan kering (kurang lebih 30 menit tergantung besar kecil/tebal tipis adonannya). Sesuaikan waktu pemanggangan dengan oven masing-masing.
8. Angkat dan dinginkan di wire rack. Simpan dalam toples kedap udara.

Selamat mencoba :)

Tips:
1. Tepung sagu disangrai terlebih dahulu bertujuan untuk mengurangi kadar air dalam tepung agar hasil kuenya lebih ringan dan renyah.
2. Kocok mentega hingga lembutnya pas. Jangan terlalu sebentar karena hasil kuenya nanti kurang ngeprul, jangan juga terlalu lama hingga mengembang pucat karena hasil kuenya akan meleber saat dipanggang.
3. Agar kejunya tidak berbongkah-bongkah terlalu kasar dan saat dispuit menyangkut di ujung spuit, saya lebih suka menghaluskan keju tuanya memakai blender dry mill. Diblender hingga cukup halus. Klo keju cheddarnya cukup diparut halus saja.
4. Panggang dengan suhu rendah/api kecil agar kuker matang sempurna, tidak cepat gosong dan renyah.

4 comments:

desma said...

bunda, boleh nyontek resep kue nya yaaa...sptny enak bgt...warna ijo ny cantik sekali, dipadu ama merah cherry..ciamik bgt hehheehe

Yulis Setiawati said...

Hi mba ricke,
Tepung sagu nya busa diganti tepung tapioka kah..?
Anw, saya suka sekali sama blog nya :)

Unknown said...

assalamu'alaikum mbak ricke, saya suka blognya udah coba 3 resep dari blog ini..dan semua endaaaang bingiits sukaaa...saya ijin copas di blog saya ya mbak.
wassalam

Ceritaku said...

Assalamualaikum mbak...
Salam kenal ya... maaf br kenalan pdhal dah nyontek resepnya ber x x.. ijin make resepnya ya utk dicoba dan dicopy di blog (pastiny dg alamt blog). Oke mbak, makasih ya

Post a Comment